Kemampuan Didalam diri kita

Ini hanya sekedar sharing kecil tentang masalah potensi yang blogger alami sendiri.
Jadi silahkan baca sampai dengan selesai, mungkin saja artikel ini cukup bermanfaat untuk kalian baca.

Pahami diri sendiri, dan kenali potensi yang ada di dalam diri.


Dengan postingan kali ini, saya hanya ingin menjelaskan sebuah potensi di dalam diri kita masing masing. Disetiap individu pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka dari itu kita harus sadar betul tentang kelebihan dan kekurangan yang kita miliki.

Seseorang pasti pernah mengalami semua permasalahan dalam kehidupan, tapi bukan berarti kita harus menyerah dan berhenti berjuang dalam hidup yang singkat ini. Hanya karena satu atau beberapa permasalahan yang kini menerpa hidup kita,
Satu hal yang harus kita ingat, semua permasalahan pasti ada solusinya.. Tinggal bagaimana diri kita masing-masing dalam mengambil sikap di setiap permasalahan yang sedang kita hadapi.

Dalam postingan ini, saya akan menjelaskan tentang potensi yang dimiliki setiap orang.
Mungkin cara penerapannya berbeda, karena setiap orang mempunyai karakternya masing-masing.
Jangankan memahami karakter orang, kadang kadang kita saja masih susah dan kebingungan memahami diri kita sendiri.. Jadi bagaimana kita bisa tau betul tentang kelebihan dan kelemahan yang kita miliki, kalau kita saja masih belum memahami tentang siapa diri kita?


Jadi, potensi yang saya maksud bukan tentang mencakup hal bakat saja, tapi dalam bagaimana kita bersikap untuk terus berjuang dan mengembangkan potensi di dalam diri kita masing masing.

Potensi dan karakter setiap individu juga akan terbentuk dari bagaimana lingkungan kita berada. Sadar atau tidak, lingkungan kita lah yang berperan banyak dalam membentuk karakter kita. Pengalaman yang saya dapat adalah, bahwa setiap lingkungan mempunya impact yang akan menunjang pola pikir dan karakter kita dimasa yang akan datang, mulai dari perilaku kita, cara berpikir kita sampai dengan bagaimana cara kita memandang dunia ini... Semua itu tidak akan terlepas dari lingkungan yang kita singgahi.

Dalam hal potensi, kita memiliki setiap kemungkinan mulai dari bakat yang kita miliki, contohnya.. Bermain musik, hobi olahraga kita dan masih banyak lagi. Tapi potensi di dalam diri juga tidak bisa hanya diukur dari berapa banyak kita mempunyai keterampilan. Tapi potensi dalam cara berpikir juga menjadi landasan utama dalam hal potensi. Bagaimana tidak, ketika kita mempunyai cara berpikir yang berbeda dengan kebanyakan orang, disitu lah potensi besar kita dimulai.

Dengan potensi cara berpikir kita yang berbeda, kita bisa memberikan perubahan di lingkungan kita berada, kita bisa menyebarkan influence yang positif untuk orang-orang sekitar kita.

Setiap orang mempunyai potensi yang berbeda beda, tergantung bagaimana kita menitik beratkan fokus kita untuk mencari potensi dan minat diri kita masing-masing.

Disini saya ingin menjelaskan sedikit tentang potensi yang di miliki oleh saya, sedikit sharing juga dengan apa yang saya alami selama setahun belakangan ini.

Mari berfikir kreatif, jangan hanya meratapi nasib.

Yaap.. Saya disini mempunyai potensi dalam hal bakat. Saya dulu pernah bermimpi menjadi seorang gitaris yang handal, seorang yang di eluh-eluh kan diatas panggung.

Memang terdengar sedikit naif, tapi ya itulah mimpi yang saya punya ketika saya mengembangkan potensi saya dalam bermain gitar, karena itu salah satu bakat yang saya minati.

Selang 3 tahun saya terus mengembangkan potensi saya dalam bermain musik, saya sudah pernah manggung dan juga tampil dalam beberapa event, belum puas memang rasanya, karena masih banyak hal yang belum dicapai dalam mengembangkan potensi bermain gitar yang saya miliki.

Belum juga sampai dengan ambisi yang saya tanamkan, tuhan berkata lain. Tangan yang biasa menemani saya dalam bermain musik kini dengan sangat sedih dan kecewa harus berhenti sejenak.

Karena tangan saya sekarang sedang mengalami masalah dengan otot, yaah.. Selama hampir 7 bulan ini saya hanya bisa berteman dengan monitor laptop saja, sedih memang kebiasaan yang dulu sering menemani kita hanya tinggal kenangan, bersama gitar yang sekarang kini saya gantung di dinding kamar.

Entah untuk waktu berapa lama lagi saya harus memendam rasa rindu ketika masih dengan lihainya bermain gitar. Banyak sekali mimpi yang belum di capai bersama dengan gitar, banyak sekali.

Tapi harus bagaimana lagi... Pasrah?! Iyaa kita memang harus pasrah dengan takdir yang diberikan oleh allah swt. Tapi pasrah bukan berarti kita harus berhenti berjuang untuk menggapai potensi lain yang kita miliki. Kunci yang saya terapkan adalah untuk tetap semangat.

Betul adanya jika apa yang dititipkan oleh tuhan memang pasti akan di ambil kembali. Contohnya, bakat yang saya miliki, tuhan lah yang menitipkan bakat bermain gitar untuk saya, tapi tuhan juga yang mengambil bakat yang saya miliki. Tapi kita jangan menyerah, karena seperti yang sudah saya jelaskan, setiap diri kita pasti mempunyai potensi masing-masing. Kalian harus percaya, setiap individu itu di berikan lebih dari satu bakat oleh tuhan. Banyak potensi yang kita miliki, tinggal bagaimana kita menggali potensi yang kita miliki.

Walaupun sekarang saya tidak bisa berkarya di bidang musik, atau berkarya lewat jaluk seni musik. Tapi saya tidak patah semangat, ketika saya rasa mulai tidak bisa bergelut dijalur musik, saya mulai mengembangkan potensi lain, bakat lain yang ada di dalam diri saya. Seperti yang saya katakan, bahwa setiap orang pasti memiliki potensi dan bakat lebih dari satu.


Sekarang saya berkarya lewat jalur blogging dan juga design grafis, sekarang saya sedang mengembangkan potensi menulis dan mendesign sebuah foto yang kini menjadi prioritas dalam hal yang kini sedang saya minati. Dan sekarang saya sedang aktif menulis di blog, dan juga mengembangkan bakat mendesign saya.

Jadi kita bisa ambil kesimpulan, bahwa potensi yang kita miliki selalu punya impact yang besar terutama untuk diri kita sendiri. Bagaimana tuhan kini mengambil bakat dan potensi saya dalam bermain gitar, tapi tuhan pula yang memberikan saya potensi baru.. Yaitu menjadi blogger dan mendesign sebuah foto.


Kalau kalian cermati betul, pola yang diterapkan tuhan adalah, menitipkan dan mengambil lalu kemudian mengganti dengan yang baru... Itu yang saya yakini betul. Oleh karena itulah, tidak ada alasan untuk berputus asa dan meratapi nasib tanpa kita mau untuk berpikir kreatif. Percuma kita meratapi nasib, itu semua tidak ada gunanya, yang terpenting adalah tetap berjalan dan menggali setiap potensi di dalam diri, lakukan dan mulai lah dari sekarang.


Semua tergantung pada diri kita masing-masing ya, setiap langkah dan perubahan yang akan kita buat, adalah dari bagaimana klita mengawali satu langkah pertama kita. Ingat ya, seribu langkah menuju kesuksesan diawali dengan satu langkah kita. Sama halnya tidak ada seorang master yang tidak diawali dengan menjadi seorang amatir.... Yang penting kita yakin dan percaya setiap yang terjadi adalah sebuah takdir ilahi yang sudah di gariskan untuk kita.




Semangat untuk kalian, jangan pernah menyerah..
DUNIA INI TERLALU LUAS UNTUK ORANG PEMALAS!!! Tapi...
DUNIA INI TERLALU SEMPIT UNTUK ORANG YANG PANTANG MENYERAH DAN MAU BERPIKIR KREATIF :)



Salam damai, dan rock n roll.
Share on Google Plus

About Garank Onfire

0 komentar: